Back to homepage

Profile PPMP INDONESIA

Sejarah PPMP 

Di mulai dari keprihatinan Cardjin (umur 14 th) selesai sekolah cardjin memutuskan untuk membantu orang tuanya dengan bekerja di sebuah pabrik batu bara, tetapi niat bekerja tersebut tidak jadi dilaksanakan karena dia memutuskan sekolah di seminari. Dan pada saat liburan pertama sekolah Cardin menjumpai kawan-kawanya yang dulu kerja di pabrik, Cardjin melihat betapa menderitanya kawan-kawannya tersebut yang bekerja keras dan kehilangan martabatnya sebagai seorang manusia. Mulai dari saat itulah Cardjin tergerak hatinya untuk menolong teman-temannya tersebut lepas dari tekanan dan penderitaan. Kemudian Cardjin mulai mengumpulkan anak-anak muda dilingkunganya dan mulailah gerakan Pekerja ini.

 Apa itu PPMP?

PPMP adalah gerakan buruh yang di organisir oleh, dari dan untuk para pekerja  muda. PPMP adalah tempat untuk berkumpulnya para pekerja muda, untuk berbagi pengalaman, diskusi persoalan baik persoalan perorangan maupun bersama, dan mengambil aksi baik perorangan maupun bersama.

Visi PPMP;

Menemukan arti kehidupan yang terdalam dan hidup ynag penuh martabat dan harga diri.

Misi PPMP:

Mampu mengubah keadaan hidup dan lingkungan agar tercipta masyarakat yang baru, yang mampu memberi jaminan agar pekerja muda menerima hak-hak dasarnya.

Tujuan:

Membuka jalan selebar mungkin untuk pekerja muda, penganggur dan para pelajar / mahasiswa untuk menemukan martabatnya.

Melatih pekerja muda agar berani mengambil tanggungjawab, mencari solusi terhadap masalah mereka sendiri di tingkat lokal, nasional, dan internasional.

Meningkatkan dialog antar agama, menciptakan masyarakat antar budaya sebagai tempat terbangunnya solidaritas.

Membebaskan kelas pekerja termasuk penganggur dari sistem yang menindas, tidak adil, tidak kondusif baik secara perorangan maupun bersama. 

Siapa anggota PPMP?

Anggota PPMP adalah semua pekerja muda termasuk penganggur, pelajar/mahasiswa tanpa mengenal batas ras, golongan, dan agama. 

Dimana?

PPMP ada di seluruh benua Asia, Afrika, Amerika, Eropa dan Asia pasifik. Di indonesia PPMP berusaha untuk mengorganisir pekerja muda, penganggur, pelajar dan mahasiswa di setiap pabrik dan lingkungan masyarakat. Pekerja muda berkumpul dan bertemu dalam sebuah kelompok basis, dan tempat pertemuan bisa di mana saja (pabrik, mess, kontrakan masjid, gereja, rumah, kebun dll). Yang penting bisa berbagi pengalaman, diskusi, menganalisa, dan mengambil aksi.

Kapan?

Pertemuan PPMP bisa dilakukan kapan saja disesuaikan dengan waktu dan tempat yang telah di tentukan dalam kelompok basis.

Bagaimana?

Kalau ada masalah kita coba atasi dengan cara ROLWA yaitu See (melihat), Judge (menimbang), Act (melakukan aksi). Melihat situasi yang sedang di hadapi, menimbang mengapa masalah tersebut terjadi, apa sebab dan akibat, bagaimana mengatasinya, kapan dan dimana mau melakukan tindakan, kemudian baru mengambil tindakan dengan taktik dan strategi yang telah di sepakati bersama.

Cara:

Kontak (kontak pribadi maupun lewat teman), perluasan, Pembentukan kelompok basis, pertemuan tetap untuk evaluasi dan perencanaan, pertemuan umum / rapat, pengumpulan pengalaman Perjuangan atau aksi para penggerak, mempelajari realitas pekerja muda, pelajar / mahasiswa dan penganggur, peletihan / pembinaan / study dan Pembinaan bagi Para pekerja muda dalam sebuah kelompok awal untuk menciptakan para pekerja muda menjadi penggerak, membantu dan mendorong dalam perjuangan Pekerja.

Penggerak; memperkuat / memantapkan perjuangan para pekerja, mempersiapkan para pekerja mengemban tanggungjawab yang besar dalam aktivitas.

Pemimpin/leader: menyempurnakan peranan mereka masing-masing.

Komunikasi: Komunikasi bisa terjalin melalui kunjungan dan surat menyurat guna memberikan dukungan dan berbagi pengalaman, selain itu ada buletin PEDULI sebagai sarana untuk bertukar informasi.

Keuangan: Untuk mengembangkan aktivitas PPMP diperlukan dana, Dalam hal ini PPMP mengandalkan pada para penggerak dan para pekerja yang secara sadar mendukungnya. Dalam PPMP iuran /sumbangan keuangan merupakan salah satu fondasi utama gerakan dan menjadi tanda keterlibatan dan solidaritas dalam kelas pekerja.

PPMP di sebut juga scool of life (sekolah kehidupan), disini pekerja muda bertemu dan belajar bersama cara hidup yang penuh dengan penghargaan akan harkat dan martabat sebagai mahluk ciptaan Tuhan yang sempurna.