Istana Kerahkan Akun Robot untuk Lawan Hashtag Pengkritik Jokowi?

By Rony Robiansyah 04 Okt 2015, 15:34:03 WIBNasional

Istana Kerahkan Akun Robot untuk Lawan Hashtag Pengkritik Jokowi?

Pengamat politik Muslim Arbi mensinyalir, pihak Istana telah membombardir sosial media Twitter dengan akun-akun “robot” untuk mengimbangi tanda pagar atau hashtag yang menyoal kinerja Presiden Joko Widodo.
 
“Kalau saya perhatikan setelah muncul hashtag yang mengkritik Jokowi, muncul akun-akun robot Twitter dengan follower yang cukup banyak. Ada dugaan Istana memerintahkan untuk mengimbangi hashtag anti-Jokowi,” papar Muslim Arbi dalam keterangannya kepada intelijen (02/10).
 
Kata Muslim, Jokowi sangat menjunjung tinggi perlunya citra baik di berbagai media termasuk Twitter maupun Facebook. “Kalau ada trending topic yang mengkritik Jokowi, tentunya mantan Wali Kota Solo itu cukup bingung. Jokowi itu sangat tergantung citra,” papar Muslim.
 
Menurut Muslim, semua media sudah bisa dikendalikan Jokowi, di mana sama sekali tidak ada demo yang diberitakan media mainstream atau media ‘besar’. “Kalau media sosial seperti Twitter, Facebook, itu bergerak secara mandiri. Padahal Jokowi ingin memiliki tim cyber untuk membranding pemerintahan sekarang ini,” jelas Muslim.
 
Muslim mengatakan, ada pendapat dari pendukung Jokowi yang mengatakan, kritikan dari media sosial tidak dapat menjatuhkan Presiden. “Kalau ada pendapat yang mengatakan, kritikan ke Jokowi melalui media sosial tidak bisa menjatuhkan, itu hanya alibi, padahal Jokowi sendiri sangat ketakutan, buktinya mengerahkan akun-akun robot,” papar Muslim.
 
Hingga sore ini (02/10) hastag #JokowiGagalAhokKeok yang digalang pakar kemaritiman Yulian Paonganan bertenggar di posisi teratas trending topic. Sementara tagar #GoodJobPresidenKu, menghilang dari trending topic
 
Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

  1. indocommco 20 Des 2016, 17:55:29 WIB

    Wah jadi semacam buzzer gitu ya? memang sih saat ini fenomena buzzer sudah naik daun dan munngkin saja banyak yang memang meminati bidang ini, namun untuk menjadi seorang buzzer itu juga tidak mudah karena harus memiliki wawasan yang luas dan bisa mengarahkan opini publik dengan baik.

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Rony Robiansyah

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Menurut Anda Apakah Upah Buruh dan Pekerja di Indonesia Sudah Layak
  Belum Layak
  Sudah Layak
  Cukup Layak
  Kurang Layak

Komentar Terakhir

  • Suara Kacer

    Selamat idul fitri bagi yang merayakan. Salam damai ...

    View Article
  • Download Adobe photoshop CS6 full version

    Info ter update menarik , http://goo.gl/ZHnUEo | http://goo.gl/imVWLI ...

    View Article
  • Burung Garuda

    Terkadang sangat sulit mencari info seperti ini. Thanks ...

    View Article
  • Kursi Tamu Mewah

    Thank you for giving us good information ...

    View Article