Eva Susanti, Pejuang HAM Divonis 4 Tahun

By Rony Robiansyah 29 Sep 2015, 22:49:34 WIBNasional

Eva Susanti, Pejuang HAM Divonis 4 Tahun

Eva Susanti Hanafi Bande, Aktivis  Front Rakyat Advokasi Sawit (FRAS) Sulawesi Tengah, ditangkap oleh Tim Kejaksaan Negeri Luwuk bersama Tim Kejaksaan Agung saat berada di sebuah rumah di Banguntapan, Bantul, Provinsi DI Yogyakarta pada hari kamis, 15 Mei 2014.

Eva, demikian biasa disapa, selanjutnya dibawa ke Luwuk, tempat dia akan menjalani hukuman penjara. Sebelumnya, pada tahun 2010, Eva divonis penjara 4 (empat) tahun 6 (enam) bulan oleh Pengadilan Negeri Luwuk. Namun, Eva melakukan upaya hukum hingga tingkat Kasasi di Mahkamah Agung. Oleh Majelis Kasasi, tetap menjatuhkan vonis bersalah kepada Eva dengan pidana 4 (empat) tahun penjara, atau berkurang 6 (enam) bulan dari Putusan PN Luwuk.


Upaya kriminalisasi terhadap Eva Bande ini, membuat Kontras Sulawesi merasa khawatir dengan posisi para Pembela Hak Asasi Manusia (Human Rights Defender) di Indonesia, terkhusus di wilayah Sulawesi, yang bekerja tanpa adanya perlindungan hukum yang jelas.

“Arogansi Negara, melalui sistem peradilan seperti yang dipertontonkan saat ini, para pembela HAM semakin tidak aman di tengah massive nya peristiwa-peristiwa pelanggaran HAM yang terjadi di wilayah Sulawesi, lebih khusus lagi di Sulawesi Tengah,” tegas Koordinator Kontras Sulawesi, Asman dalam rilisnya yang diterima Bergelora.com, Senin (19/5) di Palu.

Negara menurutnya, sebagaimana disebutkan secara tegas dalam Pasal 2 ayat (1) Deklarasi Pembela Hak Asasi Manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa, seharusnya memenuhi tanggung jawab dan tugas utamanya untuk melindungi, memajukan dan melaksanakan semua Hak Asasi Manusia dan kebebasan dasar dengan mengambil langkah-langkah yang mungkin perlu untuk menciptakan semua kondisi yang dibutuhkan dalam bidang sosial, ekonomi, politik, maupun bidang-bidang lain serta jaminan huk

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Rony Robiansyah

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Menurut Anda Apakah Upah Buruh dan Pekerja di Indonesia Sudah Layak
  Belum Layak
  Sudah Layak
  Cukup Layak
  Kurang Layak

Komentar Terakhir

  • Paket Kampung Inggris

    Thanks mas broh... ...

    View Article
  • Jasa SEO Bergaransi Uang Kembali

    Makasih banget atas semua informasi yang tersaji melalui website Anda. Sangat ...

    View Article
  • harga jasa seo

    thanks to you all... ...

    View Article
  • Paket Jasa SEO

    Selamat pagi dan selamat berkatifitas untuk pengelola web ini. Mantap ...

    View Article