Buruh PT Micro Garment Minta Bantuan Gubernur

By Rony Robiansyah 29 Sep 2015, 21:04:27 WIBPolitik

Buruh PT Micro Garment Minta Bantuan Gubernur

BURUH PT MICRO GARMENT TETAP BERTAHAN
BANDUNG, (PRLM).- Puluhan buruh PT Micro Garment yang tergabung dalam Gabungan Solidaritas Perjuangan Buruh (GSPB), Senin (23/5) siang melakukan aksi demonstrasi di halaman Gedung Sate Jln. Diponegoro No. 22, Kota Bandung. Para buruh yang kebanyakan kaum perempuan tersebut, memohon Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, turun tangan dalam menyelesaikan berbagai masalah yang dialami para buruh PT Micro Garment.
 
Ketua Umum GSPB Sulaeman menuturkan, PT Micro Garment yang berlokasi Solokan Jeruk Kab. Bandung, telah melakukan sejumlah pelanggaran terhadap karyawannya. Mulai dari pembayaran upah pekerja di bawah ketentuan upah minimum yang diputuskan Pemprov. Jabar, menerapkan sistem kerja dengan sistem target sehingga pekerja bisa bekerja 10 jam sehari (aturannya 7 jam per hari), pembayaran THR di bawah upah nilai upah pokok sebulan, dan beberapa hal lainnya. "Perusahaan juga tidak menyertakan buruh dan keluarganya dalam Jaminan Pemeliharaan Kesehatan. Pengusaha juga belum memberikan sepenuhnya hak istirahat dan cuti bagi para buruh," ujarnya.
 
Disnaker Kab. Bandung pernah melakukan pemeriksaan atas kasus itu dan menemukan adanya pelanggaran normatif yang dilakukan pengusaha. Pengusaha, diwakili Miss Liz Chen, lalu membuat surat pernyataan yang isinya akan menjalankan hak-hak normatif buruh, khususnya soal upah minimum dan mendaftarkan buruh dalam program Jamsostek. "Tapi tidak dijalankan. Malah pengusaha memecat Ketua GSPB PT Micro Garment Nanang Ibrahim karena dituduh memberi surat keterangan palsu," kata Sulaeman.
 
Sulaeman menuturkan, dalam memperjuangkan nasibnya, para buruh PT Micro Garment seolah berjuang sendiri. Disnaker Kab. Bandung yang mestinya menjadi pelindung, malah membiarkan saja pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan

Video Terkait:


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Rony Robiansyah

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Menurut Anda Apakah Upah Buruh dan Pekerja di Indonesia Sudah Layak
  Belum Layak
  Sudah Layak
  Cukup Layak
  Kurang Layak

Komentar Terakhir

  • Suara Kacer

    Selamat idul fitri bagi yang merayakan. Salam damai ...

    View Article
  • Download Adobe photoshop CS6 full version

    Info ter update menarik , http://goo.gl/ZHnUEo | http://goo.gl/imVWLI ...

    View Article
  • Burung Garuda

    Terkadang sangat sulit mencari info seperti ini. Thanks ...

    View Article
  • Kursi Tamu Mewah

    Thank you for giving us good information ...

    View Article